Sekilas

IABIE – Ikatan Alumni Program Habibie merupakan wadah komunikasi penerima program beasiswa yang dicetuskan oleh Prof. DR. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie pada tahun 1980-an. Lembaga ini didirikan dan ditandatangani oleh para alumninya di hadapan Notaris Ummu Imamah SH. pada hari Jumat, 24 Ramadhan 1433 H / 2 Agustus 2013 di Rumah kediaman Prof. Dr. B.J. Habibie, Patra Kuningan, Jakarta. Pendirian ini disaksikan pula oleh Presiden Republik Indonesia ke-3, Prof. Dr. B.J. Habibie.

Program Habibie merupakan program beasiswa untuk para lulusan SMA terbaik di seluruh Indonesia yang berjumlah sekitar 4.000 orang. Pada kurun waktu antara tahun 1982 hingga 1996, mereka dikirim oleh Kementerian Riset dan Teknologi dalam Program OFP, STMDP, STAID, IPTN dan PT PAL untuk melanjutkan studi S-1 di bidang Sains & Teknologi ke beberapa negara maju di dunia, di antaranya: Jerman, USA, Perancis, Belanda, Inggris, Australia, Kanada, Austria, dan Jepang. Program beasiswa ini merupakan inisiatif langsung dari Menteri Riset dan Teknologi saat itu, Prof. Dr. B.J Habibie yang juga merupakan Presiden Republik Indonesia ke-3.

Para penerima beasiswa tersebut dikirimkan oleh beberapa instansi dan lembaga pemerintah non-departemen (460LPND) dan Industri Strategis (460BUMN), seperti: BPPT, BATAN, BPS, Bakosurtanal, LAN, LIPI, LAPAN, PT. PAL Indonesia, Lembaga Sandi Negara, PT. IPTN, PT. Barata Indonesia, PT. Krakatau Steel Tbk, PT. Dahana, PT PINDAD, PT Boma Bisma Indra (460BBI) dan PT. INTI.

Saat ini, mereka telah kembali ke tanah air tercinta dan memberikan kontribusi yang nyata bagi pembangunan dan kesejahteraan Bangsa Indonesia. Mereka juga berkiprah di berbagai lini kehidupan Bangsa Indonesia, baik di level Nasional maupun Internasional, serta menjadi jembatan penghubung antara masyarakat Indonesia dan dunia Internasional saat ini.