Makna Kemenangan Idul Fitri untuk SkenarioIndonesia 2030

Makna kebangsaanIdul Fitri 1439 Hijriah sangat penting bagi perjalanan bangsa ke depan. Idul Fitri ialah Hari Raya, merupakan hari besar bagi umat Islam yang dirayakan pada 1 Syawal setiap tahun Hijrah setelah berakhir puasa selama sebulan.

Idul Fitri dapat disebut hari raya kemenangan. Kemenangan bagi individu yang teguh beriman tersebut seyogyanya menjadikolektivitas kebangsaan yang mampu meraih kemenangan bangsa dalam bentuk konkrit menjadi negara maju berpendapatan tinggi pada tahun 2030.

Para cendekiawan dan beberapa lembaga dunia yakin dengan skenario Indonesia 2030 yang berhasil menjadi negara maju dengan pendapatan perkapita mencapai 15 ribu dollar AS. Skenario itu berhasil jika segenap bangsa Indonesia yang mayoritas kaum Muslimin mampu menjaga, konsisten dan bisa mengembangkan makna kemenangan Idul Fitri dari tahun ke tahun tanpa henti. Makna kemenangan Idul Fitri bagi individu harus selalu ditingkatkan dengan disiplin yang tinggi, pikiran yang cemerlang dan etos kerja yang hebat.

            Ibadah Ramadan telah menggembleng setiap Muslim agar meraih kemenangan dengan terlahir kembali kepada fitrah kemanusiaan yang suci dan kuat. Kaum Muslimin terlahir kembali sebagai orang-orang yang menang mengendalikan hawa nafsu setelah sebulan penuh berpuasa. Pada Ramadan itu, kaum Muslim melakukan jihad akbar mengendalikan hawa nafsunya.

Usai sebulan penuh berpuasa, kaum beriman diharapkan dapat terlahir kembali dengan fitrah kemanusiaan yang suci, bersih dari dosa, dan mendapat kekuatan baru. Pasalnya, ibadah-ibadah Ramadhan mengandung dua arti, yaitu tazkiyatun nafs yakni penyucian jiwa dan tarbiyatun nafs yakni penguatan diri.

Yang penting untuk diperhatikan adalah bukan sekadar meraih kemenangan sesaat, tetapi mempertahankannya terus menerus sepanjang hayat dikandung badan. Seringkali, untuk menjadi pemenang sesaat tidaklah begitu susah, tapi untuk mempertahankan kemenangan pun tidaklah mudah.

Momentum kemenangan Idul Fitri harusnya disertai dengan makna silaturahmi. Dari silaturahmi keluarga, silaturahmi seprofesi, hingga silaturahmi kebangsaan untuk merawat Mahatma (jiwa besar) Persatuan Indonesia yang telah digariskan para pendiri bangsa. Dengan silaturahmi, dimulaikan babak baru hubungan personal maupun sosial yang lebih baik.

Tentu sangat positif kalau nilai-nilai yang fitri itu diejawantahkan menjadi kekuatan bersama seluruh bangsa karena nilai-nilai ini sebenarnya selaras dengan esensi yang terkandung dalam dasar negara kita, Pancasila.

Dibutuhkan semangat dan nilai baru yang lebih relevan dengan kemajuan zaman agar seluruh komponen bangsa ini bisa mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa, yakni untuk menjadikan bangsa ini adil dan makmur. Tanpa dukungan seluruh lapisan masyarakat, tujuan mulia para pendiri negara ini hanya utopia. Karena itu, Idul Fitri ini harus dijadikan momentum untuk bersama-sama saling berinstrospeksi diri. Dilandasi jiwa yang bersih dan solidaritas kuat, seluruh masyarakat harus bersatu demi kejayaan bangsa ini. Hanya dengan persatuan dan kesatuan negara ini bisa menjadi besar dan maju.

            Kemajuan bangsa bisa terwujud dengan mentalitas kerja keras dan terus menerus  berpikir cerdas. Semua itu demi berhasilnya skenario Indonesia 2030. Kita perlu berpikir keras, dan terus berinovasi sembari terus melakukan tinjauan perekonomian Indonesia 2030. Estimasi baru ekononi Indonesia 2030 memang sangat sulit dan berat. Namun Berkat rahmad Alloh yang Maha Kuasa dan dengan jiwa gotong royong segenap komponen bangsa kita harus yakin bahwa Skenario Indonesia 2030 bisa terwujud.

            Betapa beratnya mewujudkan tatanan kemajuan Indonesia 2030. Kita bisa mengkaji data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyatakan tahun 2016 Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp12.406,8 triliun. Sementara pendapatan perkapita baru mencapai Rp47,96 juta atau 3.605 dollar AS. Kemudian dalam rilis BPS berikutnya, perekonomian Indonesia 2017 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp13.588,8 triliun dan PDB perkapita mencapai Rp51,89 juta atau 3.876 dollar AS.

            Menurut kaedah yang dianut internasional, Indonesia akan menjadi negara maju pada 2030 jika memiliki klasifikasi sebagai negara berpendapatan tinggi (High Income Contrry/HIC) dengan pendapatan perkapita 15 ribu dollar AS. Untuk itu dibutuhkan SDM bangsa yang mampu mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang stabil tinggi dengan sumber pertumbuhan yaitu sektor manufaktor yang tangguh dan bernilai tambah tinggi.

            Ada sementara pihak yang tidak yakin dengan skenario Indonesia 2030 bisa terwujud karena melihat data yang mustahil bisa dicapai. Mengingat apa mampu bisa mewujudkan  pertumbuhan ekonomi rata-rata sebesar 13 persen untuk mencapai pendapatan perkapita 15 ribu dollar AS dengan pertimbangan depresiasi Rupiah 0,8 persen dan pertumbuhan penduduk 1,1 persen. Kalangan yang pesimis menyatakan bahwa angka-angka diatas sulit diwujudkan. Namun sebagai bangsa pejuang yang dilandasi dengan keimanan yang tinggi kita harus yakin terhadap Skenario Kamajuan Indonesia 2030.

            Untuk itu segenap bangsa harus bekerja keras dan memeras pikiran agar Indonesia tidak terjebak sebagai negara berpendapatan menengah (Middle Income Trap/MIT) yang tidak bisa masuk sebagai negara industri maju berpendapatan tinggi karena kehilangan sumber dan power yang mampu mendorong pertumbuhan ekononi lebih cepat dari laju inflasinya.

            Untuk lepas dan terbebas dari jebakan MIT maka tidak ada jalan selain menyiapkan SDM bangsa yang inovatif dan berdaya saing Iptek. SDM bangsa tesebut harus mampu mewujudkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang bersumber pada industri manufaktur dengan mesin penggerak produktivitas yang tinggi. Platform nilai tambah produksi yang tinggi dan terwujudnya UMKM berorientasi ekspor, itu merupakan keniscayaan untuk mewujudkan skenario Indonesia 2030.

Dalam kesempatan yang sangat mulia ini segenap Pengurus IABIE mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDULFITRI 1439 H. Mohon maaf lahir dan batin.

%d blogger menyukai ini: