PRESS RELEASE IABIE, Kebangkitan Nasional dan Peran Supermentor

PRESS RELEASE IABIE

Kebangkitan Nasional dan Peran Supermentor

Dalam peringatan 110 tahun Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menjadi momentum untuk evaluasi dan reinventing nilai kebangsaan yang mampu membentuk peradaban unggul. Tema peringatan kali ini menekankan pembangunan SDM di era digital. Sejarah kebangkitan nasional ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908, yang dipelopori oleh pemimpin otentik yang mampu membangkitkan kesadaran nasional seperti Wahidin Soedirohoesodo, Soetomo, Soerjadi Soerjaningrat, dan Tjipto Mangoenkoesoemo.

Tema Harkitnas kali ini yang menekankan pembangunan SDM pada hakekatnya memerlukan peran supermentor kekinian yang mampu menggerakkan bangsa dan turut menguatkan pendidikan nasional. Peran mentorship pada saat ini bisa diperankan oleh mereka yang memiliki kapasitas sebagai inovator, pelaku start-up nation dan perorangan yang memiliki pengalaman sebagai diaspora atau pernah kuliah di negara maju yang menjadi pioner lahirnya disrupsi teknologi dan Industri 4.0.

Era Industri 4.0 dan gelombang disrupsi teknologi harus dipahami secara baik oleh generasi muda saat ini. Banyak ragam profesi yang terkubur lalu muncul jenis profesi baru. Agar generasi muda memahami fenomena diatas lebih dini, dibutuhkan peran supermentor yang memiliki kapasitas dan pengalaman global untuk menjadi navigator. Peran supermentor sangat penting untuk menumbuhkan karakter unggul siswa sekolah sesuai kemajuan zaman yang mengedepankan daya imajiansi dan kapasitas inovasi. Keniscayaan, sekolah mesti menjadikan setiap mata pelajaran agar menyenangkan dan bisa dihayati lebih mendalam.

Reformasi pendidikan yang tengah dijalankan pemerintah kini sebaiknya melibatkan para supermentor secara masif. Warga negara yang memiliki kriteria sebagai supermentor sebaiknya diterjunkan ke sekolah-sekolah secara berkesinambungan. Para supermentor juga bisa menjadi navigator atau penunjuk jalan bagi para lulusan SMA berbakat untuk belajar di Perguruan Tinggi terkemuka di luar negeri.

Penyelenggaraan Career Days skalanya bisa ditingkatkan lagi dengan membuat semacam workshop yang bisa mengelaborasi profil karier dan profesi pada era Industri 4.0. Yang bisa membuka cakrawala siswa serta mampu menjadi alternatif pilihan siswa dalam menapaki masa depannya. Sudah saatnya para pengambil keputusan dibidang pendidikan memikirkan format career days di sekolah yang terintegrasi dalam kurikulum pendidikan.

Saatnya cakrawala para siswa dibuka lebar sehingga mereka sejak dini mengenal dan memahami berbagai jenis profesi baru yang mendunia. Peran supermentor bisa memberikan gambaran profesi yang unik yang akan bermunculan pada era Industri 4.0. *)

Atas perhatian dan kerjasama antara IABIE dan rekan-rekan jurnalis media massa, baik media cetak maupun elektronik, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Jakarta, 19 Mei 2018
Hormat Kami,

Bimo Sasongko, BSAE, MSEIE, MBA Ketua Umum
Irwan Prasetyo,Ai??Sekretaris Jenderal

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: