Spirit Ramadhan dan Pengembangan Kampung Kreatif

Marhaban ya Ramadhan. Datangnya bulan suci Ramadhan selalu dinantikan oleh seluruh umat manusia. Peristiwa besar yang amat menakjubkan dan puncak-puncak prestasi peradaban dan kebudayaan dunia Islam hampir semua terjadi pada bulan suci ini.

Di antara peristiwa besar itu ialah pertama kali turunnya ayat suci Alquran. Bahkan Hari Kemerdekaan bangsa Indonesia terjadi pada bulan Ramadhan, tepatnya9 Ramadhan 1334 Hatau 17 Agustus 1945.Bulan Suci Ramadhan selain penuh berkah dan ampunan juga merupakan momentum yang sangat baik untuk merencanakan dan meneguhkan langkah untuk menggapai kemajuan bagi perorangan, organisasi hingga kemajuan bangsa.

Bulan Ramadhan selalu menggairahkan ekonomi dan membuka lapangan usaha baru. Ramadhan sangat baik dijadikan momentum untuk pengembangan konten lokal. Apalagi pada  saat ini dunia tengah memasuki erakonseptual yang serba digital.  Era konseptual ditandai dengan sengitnya kompetisi global untuk menciptakan konten yang menarik dan bernilai tambah tinggi. Dalam era konseptual, konten merupakan raja dari segala bentuk industri kreatif.

Pada bulan Ramadhan sangat tepat untuk mendorong terwujudnya kampung kreatif yang Islami. Kampung kreatif membutuhkan supermentor yang bisa membantu memperbaiki aspek desain, proses produksi, pengemasan dan media digital sebagai penetrasi pasar yang efektif. Saatnya mengembangkan industri kreatif berbasis kelurahan/desa yang mengemukakan usaha ekonomi syariah dan proses nilai tambah yang sesuai dengan ajaran Islam.

Supermentor kampung kreatif sebaiknya memberikan pengetahuan praktis terkait desain industri. Sehingga produk yang dihasilkan mengandung nilai seni terapan yang meliputi faktor estetika dan kegunaan yang harus dioptimalisasi agar dapat bersaing.

Peranan desain industri adalah menciptakan dan menerapkan solusi-solusi desain terhadap permasalahan yang ada pada bagian rekayasa ( engineering), faktor penggunaan (usability), pemasaran, pengembangan merek dan penjualan. Pada prinsipnya, desain industri adalah persenyawaan antara rekayasa mekanis dengan seni. Desainer industri mempelajari fungsi dan bentuk serta relasi antara produk dengan penggunanya.

Bersama ini segenap pengurus pusat Ikatan Alumni Program Habibie mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Bulan Suci Ramadhan. Semoga makna dan berkah bulan suci ini membuat kita semakin bertaqwa dan menjadi kekuatan besar untuk meraih kemajuan. Aamiin ya Rabbal Alamiin

Atas perhatian dan kerjasama antara IABIE dan rekan-rekan jurnalis media massa, baik media cetak maupun elektronik, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

 

 

Jakarta,  17 Mei  2018

Hormat Kami,

 

Ketua Umum                                                                          SekretarisJendral

Bimo Sasongko, BSAE, MSEIE, MBA                           Irwan Prasetyo, M.Eng

%d blogger menyukai ini: