Melalui Ujian Nasional tahun 2018, Kembangkan Kualitas Lulusan SMA dan SMK Berdaya Saing Internasional

Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE), sebagai salah satu ikatan alumni yang turut menjadi pemerhati kebijakan Indonesia terutama dalam bidang pendidikan, menyampaikan dukungan dan ucapan selamat menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun 2018 kepada segenap siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan juga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Peningkatan reputasi dan integritas pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di seluruh daerah diperlukan untuk menuju pendidikan nasional berkelas dunia pada tahun 2024. Diharapkan pada tahun ini tidak terjadi hambatan dan modus-modus kecurangan yang bisa menurunkan reputasi UN. Seperti terjadinya kebocoran soal dan masalah teknis lainnya.

Hakekat UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara  nasional dan upaya persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud. UU nomor  20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Bentuk evaluasi yang dimaksud diatas oleh pemerintah selama ini dilakukan dalam bentuk UN yang sekaligus digunakan sebagai standardisasi dari pemerintah untuk  menguji kelayakan seorang siswa untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang  yang lebih tinggi dan sebagai pemerataan pendidikan secara nasional. UN juga digunakan sebagai pembanding tingkat pendidikan Indonesia dan negara lain.

Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya pembangunan SMA berkelas dunia untuk mencetak SDM bangsa yang unggul dan berdaya saing global. Lulusan SMA dan SMK juga harus diproyeksikan agar mampu menembus perguruan tinggi terkemuka baik di dalam maupun luar negeri.

Membangun SMA dan SMK berkelas dunia sangat relevan dengan semangat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa pengelolaan SMA/SMK dan Pendidikan Khusus menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi. Saatnya bagi Pemprov untuk totalitas mengembangakan SMA dan SMK unggulan sesuai dengan persaingan global demi mencetak  generasi emas.

Atas perhatian dan kerjasama antara Ikatan Alumni Program Habibie dan rekan-rekan jurnalis media massa, baik media cetak maupun elektronik, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

 

Jakarta,  28 Maret 2018

 

 

Bimo Sasongko, BSAE, MSEIE, MBA                                                           

 

%d blogger menyukai ini: