IABIE PULANG KAMPUNG COURTESY VISIT DAN AUDIENSI MENRISTEKDIKTI REPUBLIK INDONESIA PROF. DR. MUHAMMAD NASIR

Pengurus Pusat IABIE Periode 2016 – 2019 terus berkomitmen dan bekerja keras tanpa henti untuk menjalin sinergi dengan berbagai pemangku kekuasaan di Tanah Air, dengan memperkenalkan Organisasi IABIE dan 4000 Alumni terbaiknya.

IABIE di bawah pimpinan langsung Ketua Umum Bimo Sasongko bersama 6 Ketua IABIE dan 2 Anggota Dewan Pengawas IABIE melakukan kunjungan kehormatan untuk bertemu dan beraudiensi *DENGAN MENTERI RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA, PROF. DR. MUHAMMAD NASIR* yang dilakukan pada Hari Rabu, 22 Maret 2017, pk. 11.00 s.d 13.00 bertempat di Gedung Kemenristek Dikti Senayan, Jakarta

Ketua Umum memimpin briefing awal dan melakukan konsolidasi internal untuk membahas detil acara pertemuan di ruang tunggu.

Berikut adalah Delegasi IABIE yang dengan kekuatan penuh dipimpin langsung oleh Ketua Umum, dan diperkuat oleh :

  1. Bimo Sasongko, Ketua Umum
  2. Oni Bintoro, Dewan Pengawas
  3. Yudi Adityawarman, Dewan Pengawas
  4. Jarot S. Suroso, Ketua I
  5. Hemat Dwi Nuryanto, Ketua III
  6. Kaharuddin Djenod, Ketua V
  7. Barman Tambunan, Ketua VI
  8. Wiwiek Yuliani, Ketua VIII
  9. Kuntjoro Pinardi, Wasekjen II
  10. Sabah Saparian, Bendahara Umum
  11. Nuswardana Sarodja, Wakil Ketua Bidang Pengembangan Etika, Karakter dan Budaya.

Ketua Umum pun juga menyempatkan diri untuk memberikan buah tangan untuk Pak Menristekdikti, Prof. Dr. Muhammad Nasir.

Suatu Kehormatan luar biasa, Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, *Prof. Dr. Muhammad Dimyati*, menyambut langsung Delegasi IABIE di ruang tunggu beberapa menit sebelum bertemu dengan Menristekdikti.

Suatu kejadian yang sangat langka dalam keprotokoleran suatu Kementerian.

IABIE merasa sangat terhormat akan hal tersebut.

Perkenalan dan bincang-bincang ringan terjadi di antara Dirjen dan IABIE.

*******************

Tepat Pkl. 11.00, para Delegasi IABIE diminta untuk memasuki ruangan rapat yang telah disiapkan dan disambut hangat oleh *Prof. Dr. Ali Ghufron Mukti* selaku Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Ketua Umum Bimo Sasongko, Dewan Pengawas Oni Bintoro, dan Ketua I Jarot S. Suroso melakukan perbincangan awal dan ringan untuk menjelaskan maksud dan tujuan IABIE ke Kemenristekdikti.

Selang beberapa menit kemudian, Menristekdikti Republik Indonesia, *Prof. Dr. Muhammad Nasir* yang didampingi oleh Sekjen Kemenristekdikti, *Prof. Dr. Ainun Naim*, dan Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, *Prof. Dr. Muhammad Dimyati* memasuki ruang rapat dan menyambut hangat seluruh Peserta Delegasi IABIE.

Suatu kehormatan yang luar biasa, Delegasi IABIE diterima langsung oleh Menristekdikti Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhammad Nasir, dengan membawa juga jajaran 3 orang eselon 1 yaitu *Sekjen* dan 2 *Dirjen* yang terdiri dari :

  1. Dr. Ainun Naim, Sekjen Kemenristekdikti,
  2. Dr. Muhammad Dimyati, Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan
  3. Dr. Ali Ghufron Mukti, Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Pertemuan dibuka dengan kata sambutan dari Menristekdikti Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhammad Nasir. Beliau sangat bersaharja dan sangat kagum terhadap kiprah Alumni Program Habibie. Beliau juga sudah mendengar kehebatan para Alumni Program Habibie di Indonesia dan di berbagai belahan dunia.

IABIE sangat terhormat atas penerimaan yang sangat berkualitas.

Disaat yang sama Ketua Umum Bimo Sasongko memperkenalkan satu persatu seluruh jajaran Pengurus Pusat IABIE dihadapan Pak Menteri, Sekjen, dan dua Dirjen Kemenristekdikti yang hadir pada saat itu dan menjelaskan maksud kedatangan , sejarah dan kondisi terkini IABIE, dan juga kesiapan gerbong IABIE yang berjumlah 4000 Alumni untuk membantu Pemerintah khususnya melalui Kemenristekdikti.

*******************

Selanjutnya Menristekdikti Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhammad Nasir mempersilakan Para Pengurus untuk sharing dan berdiskusi selama hampir 1 jam.

IMG-20170325-WA0035

Pertama, Sdr. Oni Bintoro, Dewan Pengawas, menambahkan penjelasan Sdr Bimo Sasongko, yang menekankan lagi kekuatan gerbong IABIE yang alumninya sudah berkarya dalam berbagai bidang swasta dan pemerintah. Di pemerintahan ada beberapa menteri RI yang merupakan alumni program s2 dan s3 seperti, menristek/ka BPPT (Dr AS Hikam), menteri kehutanan (Dr Nur Nahmudi Ismail), menristek (Suharna), Sekretaris Kabinet (Dr Dipo Alam), selain itu banyak alumni menduduki jabatan pimpinan di hampir semua LPNK (Lembaga Pemeritah Non Kementrian) di kemristekdikti .

Begitupula alumni program s1 IABIE yang saaat ini berusia diantara 40 tahun sd 50 tahun, mereka berkontribusi di dalam dan di luar negeri termasuk di parlemen ada 5 alumni program S1, yang sudah mengabdi kepada negara sebagai anggota DPR. Untuk itu IABIE ingin menyampaikan 3 hal, yakni :

Pertama, mengucapkan terimakasih kepada negara RI melalui menristekdikti dan lembaganya telah memberi kesempatan kepada putra terbaik bangsa menempuh pendidikan di Luar negeri yang berkualitas.

Kedua, IABIE sesuai dengan tujuan awal pengiriman belajar keluar negeri untuk membantu Indonesia menjadi negara industri maju, IABIE siap menerima arahan maupun tugas dari negara melalui Menristekdikti dalam menggelorakan teknologi Anak Bangsa, sesuai dengan tupoksi (tugas, pokok dan fungsi) Kemenristekdikti dengan program unggulannya.

Ketiga, IABIE sudah memiliki struktur organisasi dimana ketua dewan pembina adalah Prof Dr BJ Habibie, adapula struktur dewan penasehat yang anggotanya terdiri dari alumni yang sudah menduduki posisi pimpinan LPNK.

Untuk itu IABIE, mohon kesediaan Prof. Dr. Muhammad Nasir agar berkenan menjadi Ketua Dewan Penasehat Ikatan Alumni Program habibie.

IMG-20170325-WA0036

Selanjutnya, Sdr. Jarot S. Suroso, Ketua I memberikan masukkan terhadap LPDP agar program LPDP bisa lebih baik lagi dengan memasukkan program pengiriman tamatan SMA untuk studi S1 di pusat-pusat peradaban Dunia ,9 Negara maju Dunia, dan juga memperkuat seleksi yang lebih ketat, adanya affirmative action, pre departure yang lengkap dan kuat, Ikatan Dinas yang tepat, dan program reentry yang lebih berkualitas.
IABIE juga mengharapkan agar Program LPDP dapat dikoordinasikan langsung di bawah Kemenristekdikti Republik Indonesia sebagai ahlinya yang sudah berpengalaman.

IMG-20170325-WA0037

Kemudian, Sdri. Wiwiek Yuliani, Ketua VIII menyampaikan rencana untuk membantu membuat skema yang paling tepat dan efektif bagi para Alumni yang masih bertahan di Luar Negeri (Diaspora) untuk dapat berkontribusi di dalam pembangunan Teknologi Indonesia .
Skema tersebut diharapkan menarik minat para Alumni tersebut untuk aktif memberikan Ilmu & pengalamannya untuk kemajuan Indonesia.

IMG-20170325-WA0040

Tidak lupa, Sdr. Kaharuddin Djenod, Ketua V, juga menjelaskan dan memberikan pernyataan mengenai beberapa hal penting di hadapan Kemenristekdikti yaitu :

1. IABIE memiliki anggota yang beraneka ragam profesinya.
2. Ada yang di internal pemerintahan, ada juga yg menjadi pengusaha swasta.
3. IABIE swasta juga selalu berkontribusi kepada negara, seperti bekerja sama dgn BUMN.
4. Sdr Kaharuddin Djenod mewakili IABIE swasta lainnya, saat ini sedang membantu PT. PAL utk proyek fenomenalnya, Projek pembuatan Kapal Selam.
5. Terkait dgn Science Techno Park Serpong yg disinggung Sekjen Kemenristekdikti, IABIE siap untuk diberikan amanah membantu mengelola STP Serpong,
6. Dengan jaringan dalamm dan luar negeri, IABIE siap mendatangkan industri2 dan investor2 baik dalam & luar negeri utk bersama membangun STP Serpong.

IMG-20170325-WA0041

Terakhir, Sdr. Barman Tambunan, Ketua VI, juga menginformasikan beberapa hal seperti :

1. IABIE akan melanjutkan rencana utk memajukan Universitas ITI dgn memulai kerjasama di bidang Industri Permesinan Manufaktur, baik melalui BPPT dgn memanfaatkan fasilitas yg telah ada, yaitu Lab Design Institute utk Design and Engineering dan Lab Delphi ( Development Engineering Laboratory for Plant Equipment and Heavy Industry ) utk proses manufaktur sampai dgn skala prototyping.

2. Selain itu juga dengan menggunakan network yg dimiliki IABIE juga akan diupayakan kesempatan utk melakukan kerja praktek ataupun membuat tugas akhir di Industri Industri Manufaktur dimana anggota Masih banyak berada dalam sektor tersebut, misalnya Migas (piping), Otomotif (Yamaha Motor), IT (Solusi 247), dll.

*******************

IMG-20170325-WA0043IMG-20170325-WA0044

Pak Menristekdikti, Prof. Dr. Muhammad Nasir beserta Sekjen Kemenristekdikti, Prof. Dr. Ainun Naim , Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Dr. Ali Ghufron Mukti dan Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Dr. Muhammad Dimyati pun menyambut baik dan memberikan respon yang positif terhadap ide-ide dan masukkan yang diberikan oleh IABIE.

Beliaupun menyarankan agar dilakukan pertemuan-pertemuan selanjutnya untuk membahas lebih dalam lagi program-program masukkan IABIE.

IMG-20170325-WA0056

Pertemuan berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Di akhir acara, Ketum juga berkesempatan untuk memberikan langsung Menristekditi :

  1. Plakat
  2. Rekomendasi Pemikiran IABIE untuk Peningkatan Daya Saing SDM & IPTEK Bangsa.
  3. Struktur Organisasi Periode 2016 – 2019.

Ketua Umumpun meminta kesediaan Menristekdikti, Prof. Dr. Muhammad Nasir untuk menjadi Ketua Dewan Penasihat IABIE Periode 2016 – 2019.

Suatu kehormatan, Menristekdikti, Prof. Dr. Muhammad Nasir dengan suka cita langsung menyambut dan menerima permintaan Ketum untuk menjadi Ketua Dewan Penasihat IABIE Periode 2016 – 2019.

IABIE akhirnya mendapatkan langsung Patron utamanya yang telah lama hilang yaitu Menristekdikti Republik Indonesia.

IMG-20170325-WA0049IMG-20170325-WA0054

Meskipun acara resmi selama hampir 2 jam telah selesai, namun obrolan diskusi cepat antara Menristekdikti dan IABIE tetap berlangsung. Beberapa Pengurus juga berdiskusi dengan intens.

Para Pengurus pun juga berdiskusi dengan Sekjen dan 2 Dirjen Kemenristekdikti di sela-sela acara.

Sinergi positif untuk Negeri terus diperkuat melalui berbagai aktivitas di periode Kepengurusan IABIE 2016 – 2019 untuk kepentingan Bangsa, Alumni, dan Keluarga.

Maju terus IABIE ❗

Maju terus Anak-anak Intelektual Habibie ‼‼

%d blogger menyukai ini: