Di Era Trump, Kerjasama Militer Indonesia-AS Diprediksi Meningkat

JAKARTA – Hubungan Indonesia dan Amerika Serikat (AS) di bawah pimpinan Donald Trump dalam berbagai bidang diprediksi akan meningkat. Sektor yang diprediksi akan mengalami peningkatan adalah kerjasama militer.

Pengamat dari Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE), Oni Bintoro mengatakan, Trump adalah seorang pengusaha dan dia akan menganggap hubungan antar negara sebagai hubungan bisnis. Inilah salah satu faktor yang akan membuat kerjasama Indonesia dan AS, khususnya dalam bidang militer, akan meningkat.

“Menurut saya, mengenai kerjasama pertahanan dan keamanan, mungkin naik. Sebab, bagi Amerika, sepanjang kita beli senjata, beli pesawat, saya kira akan meningkat,” kata Oni, saat diskusi mengenai kepemimpinan Trump dan dampaknya bagi Indonesia.

“Kalau dahulu ada masalah soal HAM, Indonesia mungkin akan dihentikan kerjasamanya bila tersangkut HAM. Tapi kalau sekarang, mungkin isu itu akan berkurang sepanjang kita membeli (senjata),” sambungnya.

Trump sendiri seperti diketahui sudah disumpah sebagai Presiden AS ke-45 pada Jumat atau Sabtu waktu Indonesia. Dalam pidato pertamanya, Trump akan fokus pada bagaimana mengembangkan industri di dalam negeri, terorisme, dan keamanan dalam negeri.

%d blogger menyukai ini: