Bimo Sasongko BSA, MBA, MSEIE Sebagai Ketua Umum Terpilih Ikatan Alumni Program Habibie Periode 2016-2019

IABIE sebagai Ikatan Alumni program beasiswa terbesar di Indonesia terus mengadakan acara-acara yang dapat meningkatkan kualitas IABIE dan juga sebagai ajang silahturahmi kekeluargaan antar sesama alumninya. Dengan berakhirnya masa kepengurusan IABIE periode 2015-2016 dan memenuhi amanah dari anggaran dasar IABIE pasal 15 sampai dengan 20 mengenai Rapat Umum Anggota IABIEdiadakanlah acara Rapat Umum Anggota (RUA). Rapat Umum Anggota (RUA) yang diadakan pada 30 Juli 2016 di Hotel Amadzing Koetaradja Menteng, Jakarta Pusat ini diisi dengan agenda Pemilihan Ketua sidang, Sidang Tata Tertib, Sidang LPJ kepengurusan 2015-2016, dan Sidang Pemilihan Ketua IABIE periode 2016-2019. Acara RUA ini dihadiri oleh 70 anggota RUA IABIE terdaftar serta undangan kehormatan Dr.Ilham Habibie selaku anak pertama dari Presiden ke-3 RI Prof Dr.-Ing BJ.Habibie. Bapak Ilham Habibie ditengah-tengah kesibukannya, menyempatkan diri untuk hadir dan memberikan masukkan-masukkan terhadap IABIE agar IABIE bisa lebih maju dan berkembang. Kehadiran beliau pun membuat suasana RUA siang itu semakin lebih bersemangat.

Rapat Umum Anggota (RUA) yang berlangsung dari pukul 4.00 – 18.00 dibawakan oleh MC handal besutan utama IABIE, Murni, Yani M. Jaya, dan menyanyikan lagu Indonesia raya yang dipandu oleh dirigen, serta penampilan menawan dari IABIE Band yang membawakan lagu back to 80`s yang menghibur seluruh peserta yang hadir pada saat itu. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemilihan Ketua Sidang Tata Tertib, Ketua Sidang LPJ dan Ketua Sidang pemilihan ketua seluruh IABIE periode 2016-2019. Berdasarkan hasil musyawarah mufakat, terpilihlah Bpk M.M. Sarinanto sebagai ketua sidang tata tertib, Kaharuddin Djenod sebagai Ketua Sidang LPJ, dan Oni Bintoro sebagai ketua sidang Pemilihan Ketua Umum IABIE periode 2016-2019.

Bapak M.M Sariananto kemudian membuka sidang pembacaan Tata Tertib RUA IABIE 2016. Beberapa anggota memberikan masukkan-masukkan terhadap tata tertib ini. Salah satunya mengenai afiliasi partai politik terhadap IABIE. Pada akhirnya, berdasarkan voting, 40 anggota RUA menyatakan menolak Calon Bakal Ketua IABIE berafiliasi dengan Partai Politik dan 7 anggota lainnya menyetujui.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan laporan pertanggung jawaban yang dibawakan oleh Ketua Sidang terpilih Kaharuddin Djenod. Tiga presidium IABIE memberikan presentasi laporan terhadap seluruh kegiatan IABIE dan keuangan IABIE selama satu tahun ini. Seluruh Anggota RUA menerima Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus secara penuh. Acara yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu pemilihan Ketua Umum IABIE periode 2016-2019. Acara pemilihan Ketua Umum ini diawali dengan presentasi dari keempat kandidat umum IABIE, yaitu 4 kandidat Ketua Umum IABIE yaitu Bimo Sasongko, Jarot S. Suroso, Muh. Rinaldi M, dan ArisWahyudi yang menjelaskan mengenai visi misinya sebagai Ketua Umum IABIE dihadapan peserta RUA.

Melalui hasil musyawarah mufakat yang dilakukan secara sah dihadapan seluruh Anggota RUA, Bimo Sasongko yang sebelumnya menjabat sebagai Sekjen IABIE, terpilih sebagai Ketua Umum IABIE periode 2016 – 2019 menggantikan Bapak Irland Y. Muhammad, Bapak Yudi Adityawarman, dan Bapak Arif Budhi S yang sebelumnya menjabat sebagai Presidium IABIE. Bimo Sasongko pun mengaku sangat siap mengemban amanat sebagai ketua IABIE 3 tahun kedepan. Dalam pidato pertamanya sebagai ketua IABIE Ia menyampaikan bahwa hal pertama yang akan dikerjakannya adalah menyampaikan rekomendasi dan menyumbangkan pemikiran kepada Pemerintah Presiden Joko Widodo terkait dengan masalah dan solusi SDM ahli dan berkompetensi tinggi untuk pembangunan nasional, khususnya pembangunan infrastruktur, industri dan kapasitas inovasi nasional. Hal ini sesuai dengan program kerja yang dia usung sebagai ketua, yaitu menjadikan IABIE sebagai berperan aktif sebagai Think Thank atau badan pemikir bangsa bangsa terkait strategi, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan nasional.

Setelah resmi terpilih sebagai ketua umum IABIE, serah terima jabatan pun dilakukan dari Ketua Presidium sebelumnya, Irland Y. Muhammad kepada Bimo Sasongko dihadapan Anggota RUA. Seluruh peserta RUA pun bergantian membanjiri ucapan selamat kepada ketua umum terpilih, Bapak Bimo Sasongko BSA, MBA, MSEIE dan menaruh harapan besar kepada beliau dalam mengemban tugasnya nanti. Mereka berharap semoga Bimo Sasongko dapat melaksanakan amanahnya dengan sebaik mungkin dan dapat membawa harum nama IABIE untuk bangsa Indonesia maupun untuk dunia dengan cara terus memberikan kontribusi-kontribusi yang dapat berguna bagi masyarakat banyak. Setelah pemilihan ketua umum ini tongkat kepemimpinan dan tonggak kejayaan IABIE ada ditangan Bimo Sasongko. Bimolah yang dapat menentukan akan seperti apa IABIE kedepannya.

Acara Rapat Umum Anggota yang berlangsung selama lebih kurang 4 jam ini ditutup dengan penampilan menawan dari IABIE Band dan dilanjutkan dengan makan bersama seluruh anggota Rapat Umum Anggota IABIE.

%d blogger menyukai ini: