Ikrar Calon Pemimpin Bangsa Untuk Berjuang Kuliah di Negara Paling Maju Dunia

(ICMI Media) – Untuk kesekian kalinya Euro Management Indonesia sebagai konsultan Pendidikan International terbesar di Indonesia hadirkan orang Indonesia yang paling berpengaruh di Jerman. Setelah sebelumnya Euro management Indonesia menghadirkan mantan Presiden Republik Indonesia ke-3 Prof.Dr.-Ing.Dr.Sc.Mult.H.BJ.Habibie, pada kesempatan kali ini Euro Management kembali mendatangkan atase pendidikan dan kebudayaan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Jerman, Dr.Rer.Nat Ahmad Saufi.

Acara kuliah umum yang diadakan pada tanggal 22 Juli 2016 di Euro Management Indonesia Jl. RP. Soeroso No.6 Menteng Jakarta Pusat pukul 14.00-15.30 ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan yelling untuk membakar semangat para peserta. Setelah itu acara yang dihadiri oleh 150 siswa PPS S1 Jerman, angkatan 13 grup Leibniz dan PPS S1 Prancis, angkatan 10 grup Leibniz tersebut,  dilanjutkan dengan sambutan dari bapak Bimo Sasongko BSAE, MSEIE, MBA selaku presiden direktur dan CEO Euro Management Indonesia. Dalam kata sambutannya, bapak Bimo mengatakan bahwa seluruh siswa yang hadir pada kesempatan ini harus bersyukur karena bisa bertemu dan berdiskusi dengan orang Indonesia yang paling penting di bidang pendidikan dan kebudayaan KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Jerman. Karena semua warga Indonesia yang ingin melanjutkan sekolah ke Jerman harus melalui izinnya terlebih dahulu namun tidak semua orang Indonesia yang kuliah di Jerman berkesempatan untuk berbincang dan berdiskusi dengan beliau. Setelah sambutan dari bapak Bimo Sasongko yang juga berperan sebagai Sekretaris Jendral Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE), acara dilanjutkan dengan pemaparan umum dari atase kebudayaan dan pendidikan di Jerman Dr.Rer.Nat Ahmad Saufi yang berisi foto-foto perjalanan beliau selama berkuliah di Jerman.

Setelah pemaparan umum, acara pun dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Dalam sesi diskusi tersebut, Dr.Rer.Nat Ahmad Saufi mengatakan bahwa kunci keberhasilan kuliah di luar negeri ada 3, yaitu kuasai bagaimana cara berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, binalah hubungan baik dengan masyarakat sekitar dan juga belajarlah dengan sungguh-sungguh. Tapi di antara ketiga kunci keberhasilan kuliah di luar negeri tersebut, kunci yang terpenting adalah selalu bersikap baik dan ramahlah kepada semua warga sekitar, dengan begitu hidup di luar negeri akan menjadi lebih aman dan tenang, karena serasa mempunyai keluarga dimanapun berada.

Sebelum acara ditutup, Bapak Dr. rer. nat . Ahmad Saufi berpesan kepada seluruh siswa untuk selalu membawa dan mengamalkan nila-nilai baik yang ada di Indonesia ke luar negeri karena kebaikan kecil maupun besar sangat dihargai oleh orang-orang di luar negeri. Acara yang berjalan selama kurang lebih satu setengah jam itu membawa begitu banyak manfaat untuk seluruh siswa yang hadir, diantaranya adalah para siswa semakin semangat, termotivasi, dan mendapatkan bekal yang sangat banyak untuk kuliah di luar negeri nantinya, dan juga pastinya hubungan kekeluargaan yang telah terbina antara atase Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Jerman Bapak Dr. rer. nat . Ahmad Saufi dengan para siswa-siswi Euro Management yang 20-30 Tahun mendatang akan menjadi pemimpin bangsa Indonesia.

Getar semangat nasionalis dan kesungguhan siswa untuk belajar demi kejayaan Indonesia diucapkan di depan Atase Pendidikan Jerman dalam Sumpah dan Ikrar Mahasiswa/i Indonesia sebagai penutup acara. Setelah pengucapan ikrar mahasiswa, 150 calon pemimpin bangsa yang merupakan siswa PPS S1 Jerman dan Prancis melakukan foto bersama dengan Atase Pendidikan Jerman, dan Presiden Direktur dan juga bapak Bimo Sasongko BSAE, MSEIE, MBA, selaku Ketua Bidang Pengembangan Profesionalitas Tenaga Kerja Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI).

Berikut adalah teks Sumpah dan Ikrar dan mahasiswa/I Indonesia dihadapan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Jerman.

SUMPAH DAN IKRAR MAHASISWA/I INDONESIA
DIHADAPAN ATASE PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK  INDONESIA DI JERMAN

Bapak Dr. rer. nat . Ahmad Saufi

Kami,
Segenap Mahasiswa/i yang akan belajar di Eropa khususnya di Negara Jerman dan Prancis.

Kami bersumpah,
Akan menjadi wakil Indonesia yang berkelakuan baik, belajar dengan sungguh – sungguh , bekerja keras dan menerapkan pemikiran yang positif dari Negara Jerman dan Prancis  demi mengharumkan Nama Baik Bangsa Indonesia dimanapun berada.

Kami bersumpah,
Akan kembali ke Tanah Air dan turut serta membangun Bangsa dan Negara Indonesia demi sebesar- besarnya kemajuan serta  kemakmuran Bangsa dan Negara Indonesia.

Semoga sumpah dan ikrar ini dapat menjadi peneguh keyakinan kami Mahasiswa/i Indonesia yang akan belajar di Negara Eropa khususnya di Negara Jerman dan Prancis