IABIE: Dirgantara Indonesia Terinspirasi Pemikiran Bung Karno

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Dirgantara Indonesia (PT DI), industri pesawat terbang pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang dibangun oleh Nurtanio dan Presiden Ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie terinspirasi oleh pemikiran Proklamator Indonesia, Soekarno (Bung Karno).

Hal ini disampaikan Ketua Presidium Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE), Arif Budi S. Menurutnya sejak awal Soekarno menginginkan negara ini memiliki berbagai teknologi yang maju.

“Karena hal ini pula, Pak Habibie terinspirasi untuk membuat industri dirgantara nasional dengan teknologi tercanggih di Indonesia,” kata Arif Budi S pada pembukaan Talkshow IABIE di Gedung Joang, Jalan Menteng Raya, Jakarta, Sabtu (24/5/2014).

Arif mengatakan, Dirgantara Indonesia yang dibangun BJ Habibie ini menjadi industri penerbangan paling maju di Asia Tenggara. Sayangnya, kinerja cemerlang perusahaan kebanggaan Indonesia itu sempat merosot saat krisis moneter menghantam Indonesia pada 1997. Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) pun membatasi peminjaman keuangan PT DI.

Selain itu, banyak ilmuwan penerbangan di jajaran strategis PT DI memilih bekerja di perusahaan swasta lain baik dalam maupun luar negeri.

“Akhirnya banyak teman-teman kita di PT DI yang jadi direktur swasta di perusahaan penerbangan luar negeri maupun berkerja di industri penerbangan terkemuka di Kanada, Eropa, Jepang, maupun negara-negara besar lainnya,” jelas Arif.

Untuk itu, menurut Arif, BJ Habibie ingin berdialog dengan seluruh lulusan IABIE guna mensinergikan pemikiran sekaligus membangun industri penerbangan yang besar dengan meningkat produktivitasnya.

%d blogger menyukai ini: