Diskusi Akhir Tahun 2014

Jakarta, Innovator- Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) mengadakan kegiatan IABIE TALKSHOW 2015 dengan tema “Diskusi Refleksi Akhir Tahun 2014 IABIE di Amazing Hotel (Ex Mess Aceh), Jakarta. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk memberikan pandangan IABIE terhadap berbagai kejadian-kejadian penting selama tahun 2014. Mereview serta tindak lanjut yang dapat dilakukan di tahun 2015 dalam beberapa bidang seperti Energi Nasional, Penanggulangan Bencana, Ketahanan Pangan Nasional, Perpolitikan Nasional, Persiapan menuju Pasar Bebas Asean, Sumber Daya Manusia yang unggul, serta Kemaritiman Bangsa.

Ade Jamal, alumni dari lulusan Negeri Belanda ini mengatakan, pasar bebas ASEAN (Masyarakat ekonomi ASEAN MEA) tahun 2015 menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan, khususnya Perguruan Tinggi (PT) yang harus bersaing dalam menyiapkan tenaga kerja yang akan bersaing dengan SDM dari negara tetangga yang memiliki PT dengan peringkat dunia yang jauh diatas PT terbaik negara kita. “Salah satu kriteria dimana PT Indonesia sangat lemah adalah bidang penelitian dan publikasi penelitian. Dari 3000 lebih jumlah seluruh PT Indonesia hanya sedikit yang sungguh-sungguh meningkatkan produktivitas dalam penelitian dan publikasi penelitiannya,” katanya.

Pembicara lainnya, Kaharuddin Djenod, menambahkan, kemaritiman Indonesia kian terpuruk ditengah semakin majunya kemaritiman negara-negara tetangga yang memiliki potensi maritim yang jauh lebih terbatas dibanding Indonesia. Berbagai usaha dilakukan oleh putra-putra bangsa yang dimotori oleh Presiden RI ke-3 BJ Habibie untuk bisa membangkitkan harga diri bangsa dengan membangun 2 pilar Industri yaitu PT.DI untuk kedirgantaraan dan PT. PAL Indonesia untuk kemaritiman, menjadi dasar-dasar yang tetap bisa bertahan dalam keterpurukan.

%d blogger menyukai ini: