Alumni Program Habibie Minta Pemerintah Galakkan Beasiswa

talkshow-iabie-255

 

 

Jakarta (Antara) – Ikatan Alumni Program Habibie (Iabie) mengharapkan pemerintah kembali menggalakkan program beasiswa pendidikan strata satu untuk lulusan SMA dan sederajat ke berbagai negara, seperti di masa Habibie menjabat sebagai Menristek periode 1978-1997.

“Program dari Habibie ini sudah terhenti sejak 1996, sudah lama sekali. Dampaknya akan terjadi kekosongan generasi yang terbentuk pada masa itu,” kata Ketua Presidium Iabie Yudi Adityawarman di sela-sela acara Iabie Monthly Talk Show Series 2014 di Jakarta, Sabtu.

Di masa Habibie, ada sekitar 1.500 tamatan terbaik SMA yang dikirim ke sembilan negara, yakni Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Belanda, Jerman, Prancis, Australia, Austria dan Kanada untuk menjadi sarjana strata satu di bidang teknologi.

Selain itu, ada 2.500 lulusan sarjana strata satu yang diberi beasiswa untuk menempuh pendidikan master dan doktor, sehingga total ada sekitar 4.000 orang yang telah mendapat beasiswa melalui program beasiswa Habibie sepanjang 1982-1996.

Saat ini, program beasiswa strata dua dan tiga tetap dilanjutkan dengan berbagai program pemerintah seperti beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP), begitu pula beasiswa yang diberikan negara maju seperti Fullbright, ADS, STUNED, Mombusho dan lainnya.

“Namun tak ada program beasiswa ke luar negeri untuk strata satu. Kalaupun ada, hanya sebagian yang dibiayai oleh pemerintah, padahal banyak masyarakat kita tak mampu menyekolahkan anak ke jenjang sarjana,” katanya.

Menurut Dewan Pengawas Iabie, Oni Bibin Bintoro, program beasiswa strata satu sangat dirasakan manfaatnya bagi kemajuan bangsa, khususnya dalam mengubah pola pikir ke arah kemajuan.

Ia mengatakan ada belasan alumnus program Habibie yang menjadi anggota badan legislatif dari partai yang berbeda-beda, juga sejumlah pejabat eselon satu dan dua di Kemristek dan kementerian lainnya serta para peneliti di lembaga-lembaga riset pemerintah. (*)

Sumber : antaranews

%d blogger menyukai ini: