Workshop BMKG-IBM PDL untuk Pengembangan Sensor Gempa

Penulis : Dr.Sc. Andung Bayu Sekaranom, S.Si.,M.Sc.
Sumber : http://igegama.id/kebencanaalaman/workshop-igegama-ibm-pdl-untuk-pengembangan-sensor-gempa/
Tanggal : 02/11/2018

Workshop BMKG-IBM PDL untuk Pengembangan Sensor Gempa

Oleh : Dr.Sc. Andung Bayu Sekaranom, S.Si.,M.Sc.
Dosen Fak Geografi UGM

BMKG memfasilitasi kegiatan Workshop IBM PDL Sensor dan PAIRS (Physical Analytics Integrated Data Repository and Services) yang disponsori oleh Corporate Social Responsibility (CSR) dari IBM Indonesia. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mendukung BMKG dan pihak terkait dalam menyikapi kebutuhan sensor gempa, big data analytics, dan media analytics untuk analisis kebencanaan.

Pada tanggal 2 November 2018 dilakukan workshop di Kantor Pusat BMKG yang dibuka oleh Deputi Bidang Geofisika BMKG (Dr Ir Muhamad Sadly M.Eng) dengan paparan dari pihak IBM dengan narasumber dari IBM NewYork (Oki Gunawan PhD), IBM Tokyo (Dr Rudy Raymond) dan Europe mengenai Paralel Dipole Line (PDL) sebagai inovasi dari sensor gempa terbaru yang diharapkan lebih canggih dan low cost. Appliance Sensor Gempa ini masih tahap pengembangan dan perlu pengujian lebih lanjut agar dapat dipergunakan dalam aplikasinya. Diharapkan dalam beberapa tahun kedepan akan terealisasi dalan pengujian di lapangan untuk membandingkan dengan sensor gempa yang BMKG miliki.

Selain itu dilakukan presentasi mengenai PAIRS yang merupakan teknologi IBM untuk integrasi data spasiotemporal, terutama untuk big data analytics dan media analytics. Pada tanggal 3-6 November 2018 dilakukan site visit di Lombok dan Bali, dan pada tanggal 7 November dilakukan kunjungan ke PT LAN/INTI di Bandung.
Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan IGEGAMA, BMKG, Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) : Direktur Utama PT INTI, CEO/Founder Solusi 247 dan NeoNet BPPT.

Setelah paparan, ke dua IBM reseacher dan 3 org dari BMKG melanjutkan dengan diskusi yang sangat antusias diikuti oleh peserta dipandu oleh moderator dari IABIE.

Sebagai luaran dari kegiatan ini, dilakukan inisiasi kerjasama dalam pengembangan sensor tersebut dengan BMKG, IGEGAMA, IABIE, Fakultas Geografi UGM, BMKG, (NeoNet) BPPT, dan beberapa perusahaan lain terkait dengan pengembangan dan aplikasi sensor PDL serta PAIRS.