IBM Corporate Citizenship Program – PDL and PAIRS Product Development Yang Sangat Menyentuh Sisi Kemanusiaan dan Effectif

Penulis : MirzaPahlevi,
Sumber : sekretariat IABIE
Tanggal :

Penulis : MirzaPahlevi, IABIE Endowment Fund/Chairman of IABIE Center for Technology Empowerment (ICTE)

Brief CV:Finishing Master's degree in Aeronautics from Delft University of Technology in 1994, he Co-Founded one of the first product design company in Indonesia. After Involvement in 2 national car project, Mirza helped set up various EPC, ICT, consulting and renewable energy company. Having project management as a core expertise and jazz music as passion, current activities include business coaching, (angel) investor, education and promoting entrepreneurship towards industry 4.0 for better Indonesia.

Tulisan ini adalah bagian pertama dari pendapat penulis sebagai wakil dari IABIE yang bertindak sebagai fasilitator kegiatan Ibu Santi (CSR IBM Indonesia) dan memastikan agar kegiatan dapat berjalan efektif sesuai jadwal dengan luaran yang terukur.

Bagian pertama ini merupakan rangkuman dari kegiatan dari tanggal 2 Nopember 2018 s.d 9 Nopember 2018. Bagian selanjutnya adalah penjelasan lebih detail dari masing2 kegiatan di setiap lokasi.

Dimulai pada tanggal 2 November dengan paparan, diskusi dansite visit ke command center di BMKG pusat di Jakarta untuk mendapatkan landasan materi yang cukup, kegiatan ini di lanjutkan dengan perjalanan ke Lombok pada tanggal 2 november 2018 sebagai bahan masukan dari lapangan disertai kegiatan sosial pemberian bantuan kepada korban gempa Lombok. Perjalanan ke BMKG Bali pada tanggal 4 November dimaksudkan untuk memperkaya pengetahuan lapangan dan juga mengetahui posisi Bali yang bertindak sebagai backup terhadap command center BMKG Jakarta.

Kegiatan lanjutan adalah kunjungan ke PT LEN pada tanggal 6 November yang menjadi salah satu calon mitra pembuatan produk ketika sensor generasi baru ini siap di luncurkan.

Tanggal 9 November Ditutup dengan ‘Design thinking’ di kantor IBM Jakarta untuk mempertajam kebutuhan/tuntutan calon pemakai dari produk2 yang akan di luncurkan.

@ BMKG pusat, Jakarta

Diskusi@BMKG Pusat di Jakarta

@ BMKG Lombok

@ BMKG Denpasar

@ PT LEN, Bandung

Kesan utama saya dari kegiatan ini adalah :

  1. Adanya potensi pembuatan sensor gempa generasi terbaru dengan biaya murah sehingga dapat di produksi secara massal.
  2. Dengan tersedianya sensor gempa generasi terbaru ini ada banyak hal yang bisa di dapatkan sebagai luaran, yang sebelumnya tidak terpikirkan…dan salah satunya adalah kemungkinan memprediks gempa yang sampai dengan hari ini masih mustahi ldilakukan dengan akurasi yang baik.
  3. Butir no 2 ini akan lebih mungkin di lakukan degan adanya tim AI dari IBM yang mempunyai teknologi prediktif yang cukup menjanjikan dan disruptif menurut pandangan saya.
  4. Kegiatan yang di inisiasi oleh divisi CSR IBM Indonesia ini dirasakan sangat berbeda dengan product development approach pada umumnya….walau pun prioritas utamanya adalah memaksimumkan keterlibatan stake holder,tetapi sisi kemanusiaannya sangat terasa. Di saat bersamaan efektifitas dari kegiatan dan kerjasama timyang erat saya rasakan sangat maksimal.

BeberapaperanKuncidari IBM untukkegiataniniadalah.

  1. Dr Oki Gunawan, penemu PDL sensor untuk gempa berkebangsaan Indonesia, IBM Watson Research New York, USA
  2. Harry Raymond, ahli Quantum Computing/AI berkebangsaan Indonesia, IBM Watson Reasearch Tokyo, Japan.
  3. Jurij Parrazazck berkebangsaan Inggeris, IBM Corporate Citizenship & IBM Watson Research (Ret), Armonk, USA.
  4. Rebecca Curzon, berkebangsan Amerika, IBM Global Corporate USA Leader for Disaster Program.
  5. Santi Diansari Sarino Hargianto, Inisiator Program, Country Manager Corporate Citizenship/CSR, IBM Indonesia.

Anggota Tim Inti IABIE untuk project ini.

  1. Izzat Farahidy, Application Architect, GBS, IBM Indonesia.
  2. Yudi Aditya, Chief Engineer, NeoNet, BPPT, Indonesia.

Pemegang peranlainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu adalah : BMKG, PT LEN dan IKEGAMA.